Kamis, 08 November 2007

Teu sangka bertemu Sodara. Jauh ti Lembur

Suatu hari di bulan Oktober tahun 1997 (10 tahun yang lalu) ketika akan melanjutkan perjalanan melakukan ujiterima VSAT (telepon) dengan Telkom Banda Aceh, sebelum mengunjungi lokasi yang sangat-sangat terpencil dipelosok, diajak rapat dulu dengan yang berwenang di kantor Telkom Banda aceh di seberang mesjid Baiturrahman Banda Aceh yang terkenal itu. Ketika turun dari mobil sewaan dan berjalan akan masuk kantor Telkom pa-amprok jeung seseorang.... eh..eh.... rada.. rada ... kenal iyeumah ceuk simkuring dina hate’ ......eh.. sing hore’ng te’h eta Kang Budi. Langsung aja kita sasalaman meuni atoh pisan bertemu dulur di tempat yang jauh dari lembur ..teu nyangka....hanjakal teu tiasa ngobrol lebih lama karena ada kerjaan yang harus diselesaikan. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah pulau Aceh.. lamun dina peta aya di sebelahnya pulau sabang, karena kapal Feri lagi rusak kapaksa naik parahu kecil asanamah berempat jeung tukang parahuna mengarungi samudra Hindia selama 1 Jam menjelang magrib angkleung-angkleungan, e’tamah pasrah saja lamun aya ombak besar parahu bisa terbalik. Sapanjang perjalanan etamah babacaan bae’ Alfatihah sababaraha kali, surat-surat Juz Amma nu apal, berdoa supaya salamet. Pulangna ke Banda Aceh Alhamdulilah tiasa nebeng parahu nelayan.. keun bae lah bau hanyir lauk oge’ yang penting parahuna lebih besar. Lokasi lainya tidak kalah seremnya daerah DOM (waktu itu jaman Pak Harto), Alhamdullilah salamet sampe ayeuna jeung tiasa menyaksikan pemandangan alam Aceh yang luar biasa indah sepanjang perjalanan.

Eta’ sedikit cerita pengalaman Gaha jaman baheula, silahkan kirimkan ceurita-ceurita apa saja dari keluarga Arkan supaya Blog ARKAN ini jadi tetap hangat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tah kitu hikmahna Silaturakhim-teh, henteu pareumeun obor, lantaran pernah kenal/panggih soksanajan sababaraha taun teutepung tetep wae hiji kanikmatan anu surprise, . Harita akangge asa aneh panggih Cecep didieu da rarasaanmah Aceh teh nyingkur. Soksanajan teungobrol galecok arihatemah atoh jeung reueus, "Bade Ka Pulau Simeulue/Sinabang UT VSat", ari Tidur tadi dimana Cep ?:" Kualatripa Kang", etateh hotel**** di Acehmah, dina hate ngagerentes, Alhamdulillah aditeh geus jadi jelema jeneng.

Arkan mengatakan...

Meuni atoh da haritateh bisa tidur di hotel, sa pendakna hotel teu milih milih, waktu itu beberapa kali malem tidur di mobil di pinggir jalan jiganamah di sisi leuweung. sapanjang jalan ti Banda Aceh ke tapaktuan, babussalam teras ka Medan menelusuri pantai Barat. pernah juga tidur di penginepan bayaranna sapuluh rebu.