Jumat, 16 November 2007

Hayu urang nyarios Sunda ;)

Setiap kali gw ketemu keluarga besar, gw smakin nyadar kalo vocab bhs sunda gw smakin berkurang aja. Sbenernya ini make sense mengingat gw skarang emang jarang juga pake bahasa sunda apalagi yg halus. Secara gw dr klas 5 SD smp SMU klas 2 ga tinggal di Jawa Barat & cuma pulang staun 2 kali dan secara juga keluarga inti gw udah pake bs Sundo a.k.a sunda Indonesia.
Mengingat ya ade2 gw, yang satu mulai kehilangan bahasa sunda sejak kelas 1 SD karena kita sekeluarga pindah dari Bandung ke "somewhere on earth city in North Sumatera" dan sementara ade gw yang paling kecil lahir di "somewhere on earth-city" itu.
Paling sering gw berbicara bahasa sunda halus hanya kalo lebaran dengan rutinitas ketemu sodara2. Yaitu :
1. Ke rumah nini Esih which is adiknya alm. nenek gw dari bokap. dimana disana biasanya ketemu sama orang2 lain keluarga Ciamis atau keluarga Sumedang yang masih baraya dan memang berdasarkan etika kesopanan, harus pake bahasa sunda
2. Ke keluarga besar di Garut termasuk ketemu tetangga2 nenek gw yang bahasa sundanya buhun sekali termasuk juga sodara2 dari pihak nyokap yang ada di Garut
3. Ke keluarga sodara dari kakek dari bokap di Sumedang
4.Kalo ada tamu sodara bokap & nyokap ketika bokap & nyokap ga di rumah dan gw harus menemani ngobrol. Dalam kondisi ini, ade gw yang nomer 2 tentunya mengorbankan gw untuk menemani, daripada dia mati gaya karna bahasa sunda halusnya terbatas.
Gw suka pusing klo mulai harus ngobrol basa-basi ama orang yang lebih tua, ibarat sebelum ngomong, otak gw harus men-translate dr bhs sunda sehari-hari ke bahasa yang halus. Tapi gw juga nggak mau kalo kehilangan darah sunda gw hanya karena gw lupa bahasa sunda. Pinjem istilah bokap gw adalah "pareum eun obor"
Basa Sunda ngarupakeun basa nu dipaké ku kurang leuwih 27,000,000 jalma di wewengkon kulon pulo Jawa, atawa 13,6% ti populasi Indonésia. (Wikipedia)
Kmaren gw baru aja mengucpkan kata2 yg ga cocok waktu ngobrol sama mertuanya sepupu gw & gw sedikit menyesal mengingat sbenernya gw tau bahasa halusnya apa tapi gw LUPA. Contoh kasus adalah
eureun pdhl harusnya liren,
diwartoskeun harusnya disaurkeun,
teu terang harusnya teu uninga,
hargana harusnya pangaosna,
tapi harusnya nanging.
Harusnya gampang kan ? walaupun berbekal buku pelajaran piwulang basa kelas 1 sampe 4 SD doang.
Tapi temen2 gw pun ya walaupun seumur2 tinggal di Bandung banyak juga yang lupa bahasa sunda halus & lebih inget banget bahasa gaul ala Debby Sahertian.Mungkin bisa diitung pake jari, berapa orang generasi yang lahir setelah tahun 80 yang tinggal di Bandung & Jakarta masih lancar berbahasa sunda halus ? ibaratkan angkatan gw lah yang lahir taun 82. Basically they speak sundanesse but not a polite sundanesse. Paling2 yah, kaya si randy ade gw yang kecil, taunya cuma sunda pergaulan aja yang ga pantes kalo dipake ngobrol ama orangtua.
trus gimana dengan yang lahir setelah tahun 90 ? setelah tahun 2000 ? gimana dengan anak2 gw nanti ?
Seringkali gw trying so hard dengan menulis kata-kata panjang dalam bahasa sunda halus dengan beberapa temen gw yang juga pengen melestarikan bahasa sunda halus tapi ternyata memang sering kehilangan kata :) tapi akhirnya setelah belajar2 ya lumayan juga udah mulai terbiasa. Percaya ato nggak, temen2 gw yang pengen melestarikan bahasa sunda itu justru kebanyakan sekarang ga tinggal di jawa barat, malah di Aceh, Surabaya, Medan, Osaka, singapore, Amsterdam, Paris. Maranehanana teh justru anu sono pisan kana nyarios sunda dugi ka aya anu ngupload foto si cepot, masang lagu degung atanapi kacapi suling dina Friendsterna. Ibaratna rasa cinta lembur teh panginten justru hirup di waktos tebih ti lembur.
abdi mah ngan saukur hoyong anak incu abdi engke tiasa nyarios sunda, tiasa nembangkeun pupuh kinanti, pupuh magatri, trang trang kolentrang atanapi maen beklen, engkle, ucing sumput sareng pris prisan. Da saha deui atuh anu bade neraskeun kabudayaan teh upami sanes anu masih keneh sadar kana trah-na. anu masih emut di tatar mana ari-ari dipelak.
Hayu atuh urang nyarios sunda deui..
si kabayan urang sunda urang sunda lain si kabayan lamun urang kabeh jadi si kabayan kuring melang hiji waktu urang kababayan(Urang Sunda : Doel Sumbang)
Reference :www.sundanet.com, www.urang-sunda.or.id, www.wikipedia.org/wiki/Bahasa_sunda

Dinni Destiani [pinkedinni@yahoo.com]
Putrana Kang Budi

Tidak ada komentar: