Selasa, 01 Juli 2008

Pertemuan Keluarga Arkan 29 Juni 2008

Kita panjatkan Syukur Alhamdullilah atas karunia dan rahmat Alloh SWT, pertemuan keluarga Arkan telah dilaksanakan dengan lancar, penuh kekeluargaan dan keceriaan. Begitu “kuda besi” dari Bandung yang berkekuatan 14 Desawa dan 15 anak-anak tiba di lokasi rumah Gaha, langsung memasang proyektor yang di bawa Kang Yodi, MC pada pertemuan ini adalah Widi putrana Kang Yodi, menyampaikan susunan acara, selanjutnya pembacaan Ayat suci Alquran oleh Leta putrana kang Ucup dan Saritilawah oleh Fini incuna Kang Memon. Selanjutnya sambuatan ketua Arkan sekaligus sebagai tuan rumah, berikut sambutannya:

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Alloh SWT yang telah memberikan rahmat, rezki dan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita keluarga Arkan dapat berkumpul untuk bersilaturahmi di rumah Gaha ini, sesuai dengan misi kita yaitu “memelihara dan membina Rundayan ARKAN”

Selamat datang wilujeng sumping kepada sodara-sodara Arkan semua di cikarang, bagaimana perjalanan ke sini apakah menemui kesulitan atau lancar-lancar saja. => langsung ramai (sepertinya memang menemui kesulitan...), Seandainya sekitar maret – april jalan cikaran ini macet luar biasa karena sedang ada pengecoran jalannya. Sedikit cerita waktu jaman masih bekerja PJKA (Pulang Jumat kemabli Ahad) sekitar tahun 98 kalau melewati cikarang di bis malam dari jakarta menuju bandung di dalam hati suka berfikir “ngapain orang2 tinggal di cikarang jauh ke mana-mana”, eh .. akhirnya malah sekarang tinggal di Cikarang, Cep sekeluarga tinggal di Cikarang sejak tahun 2001 ketika umur Fauzi 1 th, 3 kali berpindah tempat. Baru tau kalau di cikarang ada Kang Ukun sejak pertemuan pertama keluarga arkan September 2007 di rumah Kang Ucup. dan Alhamdulillah Gaha sudah mampir ke rumah Kang Ukun Jan 08.

Mudah-mudahan semua keluarga Arkan dalam kondisi sehat walafiat, jika ada yang sedang tidak sehat semoga Alloh SWT cepat memberi kesehatan, dan jika ada keluarga arkan yang sedang mengalami kesulitan semoga Alloh SWT memberikan jalan terbaik untuk menyelesaikan kesulitannya. Amin. Selamat kepada adik-adik yang Naik kelas, lulus Ujian, keterima di Perguruan Tinggi semoga sukses dan cita-citanya tercapai.

Waktu pertemuan Arkan di bumina kang Budi tanggal 9 Desember 2007, pertemuan berikutnya usulannya bulan maret 2008 di bumina Gaha, selama bulan februari ada usulan bagaimana kalau pertemuan besar arkan tidak 3 bulan sekali karena dirasa terlalu dekat, ini sempat terjadi diskusi melalui email/blog pada umumnya pada setuju ada yang mengusulkan setahun sekali saja ada juga yang 6 bulan. Supaya tidak terlalu drastis dari 3 bulan ke 1 th sebaiknya ke 6 bulan dulu yaitu dari desember ke Juni. Untuk kedepannya bagaimana menurut sodara-sodara apakah 1 th atau 6 bulan nanti kita bahas ya ..

Jika nanti disepakati pertemuan besar setiap periode teretentu, ini tidak berarti silaturahmi diantara keluarga arkan setahun sekali, silaturahmi, pertemuan-pertemuan dengan saling mengunjungi, ngobrol via email atau blog bisa dilaksanakan setiap saat...

Terimakasih kepada sodara-sorada yang gotongroyong membawa makanan pada pertemuan ini.

Untuk lebih mempererat silaturahmi nanti ada acara semacam game keluarga yang akan dipandu oleh istri saya.... katanya ada hadiahnya menarik ..

Selanjutnya Gaha mau menyampaikan rangkuman peristiwa2 yang berhasil di catat dalam periode desember Juni ini di antara keluarga arkan, mungkin masih banyak yang tidak tercatat mohon sodara2 bisa menambahkan.

1. Januari 2008: Kebetulan Cep ada tugas kantor ke Bengkulu cep mampir ke rumah Ceu dian untuk bersilaturahmi, Ceu Dian ini adalah anak ke 3 Uwa Galam alm, mempunyai 3 anak yg pertama Aldi sudah bekerja sebagai Polisi, yang kedua Alin kuliah di IPB bogor, dan bungsu Niken sekolah SMEA, cerita lebih lengkap bisa di baca di Blog arkan.
2. 25 Desember 2007: Silaturahmi Keluarga Kang Budi ke rumah Kang Memon di daerah Kopo Bandung selatan, Silaturahmi dan nengok orok putrana Anggi sareng Bambang ini namina Tya, ini adalah cucu ke 4 dari Kang Memon, cerita lengkap bisa di baca di Blog Arkan.
3. Januari 2008: Mas Alif suaminya Ceu dian menjalani operasi ada benjolan di leher, operasi dilaksanakan di RSHS Bandung dan Alham dillilah operasi berjalan dengan baik, cerita lengkap bisa di baca di Blog Arkan
4. Maret : 4 Maret Bi Entin dirawat di RS Persahabatan Jakarta, Alham dullilah pada tgl 25 maret Bi entin sudah sehat dan kembali ke Rumah cerita lengkap bisa di baca di Blog Arkan.
5. Mei: Bi Esih dam Mang Umar Umroh ke tanak Suci
6. Mei : putra na Bi Entin Wati menikah di Jakarta
7. Juni : Kang Yaya raina Kang Ucup di rawat di RS Persahabatan Jakarta, Alhamdullilah sudah sehat dan pulang ke rumah.
8. Undangan Menikah Anung di Ngawi, pada tanggal 6 Juli 2008.
9. Terakhir berita bahagian yaitu Pun Anak Fauzi pada hari senin 23 Juni telah di sunat, hari Sabtu kamarin ada sedikit acara syukuran mengundang para tetangga aja di rumah.

Selain peristiwa2 tsb yang berhasil direkam di Blog, ada juga berbagai tulisan baik yang ada hubungannya langsung maupun tidak langsung dengan keluarga arkan, mengenai paribahasa bahasa sunda, pengalaman2 masa lalu dan pengalaman terbaru yang mungkin menarik, Seri Kang Yaya Ngalalana sudah seri kedua nanti bersambung ke seri selanjutnya.....semua bisa di lihat/dibaca di blog.

Foto-foto baru : 1. Keluarga Ceu Dian sareng ceu Susi , 2. keluarga Ceu Eva, 3. Keluarga Ceu Wiwi, 4. Keluarga ceu Rina, 5. Keluarga Tedi, 6. Keluarga Kang Memon, 7. Cika di London, 8. Pernikahan Wati

Setiap bulan ditayangkan keluarga arkan yang berulang tahun dibulan tsb, kebetulan data keluarga arkan yang Gaha punya belum lengkap, untuk itu mohon sodara-sodara dapat mengisi formulir pendataan yang akan dibagikan.

Acara dilanjutkan dengan siraman rohani oleh ustad Qosim Nurseha dari Cikarang, sholat dzuhur berjamaah di mesjid Alhidayah dan makan siang. Setelah makan siang selang seling antara permainan keluarga dan ungkapan pendapat mengenai Arkan dari setiap fraksi keluarga, yang berhasil dicatat yaitu:

1. Kang Edi dari keluarga Uwa Iloh
Sedang memerlukan bantuan dana untuk membeli kacamata, kacamata sangat dibutuhkan agar Kang Edi dapat kembali membaca dengan jelas.  Insya Alloh permohonan Kang Edi ini akan dipenuhi oleh data kencleng Arkan.
2. Kang Budi dari keluarga Uwa Piah
Terimakasih kepada tuan rumah yang telah “menyelenggarakan” acara silaturahmi keluarga Arkan ini, mendoakan kepada keluarga arkan yg sedang teu damang semoga cepat diberikan kesehatan, selamat kepada cucu-cucu yang lulus ujian diterima di Perguruan tinggi semoga sukses. Agar tetap dibina dan dijaga silaturahmi diantara keluarga Arkan.
3. Kang Maman dari keluarga Uwa Eno
Caket teuing pendakna, mengusulkan upami tepangna satahun sakali
4. Kang Ucup dari keluarga Uwa Ati
Ada yang dapat menceritakan profile Nini Kancana sareng Aki Ardiwisastra, bagaimana beliau mengasihi dan mendidik anak dan cucunya, kebaikan-kebaikannya yang dapat bermanfaat bagi kita sebagai keturunannya. Usulan Gaha usulan Kang Ucup ini baik sekali karena kita banyak yang tidak mengetahui profile Nini Kancana dan Aki Ardi sebaiknya ceita ini dituangkan dalam tulisan kemudian di posting di Blog agar setiap saat bisa di baca.
5. Pesan dari Bi Esih:
Alham dullilah tiasa dugi ka bumi Gaha, pesan kepada keluarga arkan agar sing pikanyaah saling bantu diantara keluarga, Alham dullilah Bi Esih diberi kemudahan-kemudahan pada saat Umroh, lamun tiasa sebelum usia 60 tahun sudah ke tanah Suci, karena Ibadah Umroh/Haji memerlukan kekuatan fisik yang baik.

Disepakati pertemuan berikutnya akan diadakan di Ciamis di rumah Kang Memet, mengenai waktu tanggalnya akan ditentukan kemudian, mungkin perlu menginap sehingga perlu di cari waktu saat liburan anak-anak sekolah.

Laporan penggunaan dana kencleng arkan:
1. Bantuan untuk membeli buku kamus keluarga ceu mima ciamis 100 rb
2. Uang besuk Bi Entin 250 rb
3. Uang Kencleng diterima dalam pertemuan ini Rp. 660.000
4. Laporan lebih lengkap dapat di download di http://www.box.net/shared/xc37ef2osc
Acara ditutup dengan doa yang di pimpin oleh PA Muchlisin, jam 15:00 acara berakhir.

3 komentar:

Arkan mengatakan...

----- Forwarded Message ----
From: rasini soedarmi (Kang Yaya)
To: Cep Gaha Mang Tio
Sent: Friday, June 27, 2008 1:58:27 PM
Subject: Bahan Diskusi Pertemuan ARKAN

Assalamualaikum . Wr.Wb.

Kasadaya wargi anu hadir, sim kuring neda dihapunten rehna teu tiasa dongkap ka ieu pertemuan. Sebetulnya ingin sekali hadir, karena masalah keluarga yang tidak bisa ditinggalkan saya mewakilkan pertemuan ini dengan sedikit bahan untuk didiskusikan. Syukur kalau sependapat, kalau tidak pun saya tetap bersyukur, berarti di ARKAN orang boleh berbeda pendapat, suatu tanda kemajuan. Yang ingin saya sampaikan adalah masalah blog ARKAN:

1. Orang yang berperan serta atau berinteraksi terhadap blog ARKAN nampaknya tidak lebih dari sepuluh orang, diluar yang hanya sekedar mengunjungi. Tentu saja masalahnya ada pada kesempatan berinternet dan kemauan untuk berperanserta atau berinteraksi.

2. Dengan jumlah orang yang sedikit, tentunya akan sulit untuk membuat blog lebih berkembang lagi.

Berikut ini sekedar saran:

1. Nampaknya blog ARKAN harus sudah mulai "go international." Tulisan pada sampul muka mungkin bisa dirubah kira-kira begini: Paguyuban Keluarga Besar ARKAN keturunan ARDIWISASTRA - KANCANAMIRAH, BANAGARA, CIAMIS. Setidaknya kalau ada orang luar ARKAN yang mengetahui aki Ardi, nini Kancana atau Banagara akan penasaran melihat blog lebih jauh. Siapa tahu bisa berinteraksi.

2. Mulailah beriklan dengan mencoba Google Adsense. Kalau yang begini adi Gaha nampaknya lebih mengetahui cara menerapkannya.

3. Kapada yang muda-muda yang sudah SMA keatas mulailah menulis, apa saja tidak usah bagus. anggap saja saj blog ARKAN sebagai tempat latihan.

Rupanya itu saja yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalam Wr Wb.
Yaya RS

Arkan mengatakan...

----- Forwarded Message ----
From: Naid Hayyizuaf
To: Gaha
Sent: Sunday, June 29, 2008 10:09:27 AM
Subject: Hapunten...

Kahatur
Keluarga Besar Arkan
di Cikarang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Langkung ti payun, hapunten pisan Abdi sakeluarga, teu tiasa ngiring hadir di silaturahmi ping 29 Juni ieu. Ari pamenganana tea mah ku hiji ku dua ku tilu, anu pang-pangna pisan mah kang Dadangna teu raraos sareng aya acara di Tasik di Pasantren pun anak, Dian.
Salam wae ka sadayana anu hadir. Ngiring bingah patepang sareng wargi-wargi, ngiring raos pami nuju balakecrakan ngiring bingah ka alo-alo, suwan-suwan anu tos sukses boh dina padamelan atanapi dina widang sakola, khusus kanggo alo Leta anu tos ditampi di UI alo Cika anu tos ngalanglang ka Inggris.
Anu pamungkas abdi sakulawarga nyuhungkeun pidu'a kanggo pun lanceuk mudah-mudahan enggal sehat sareng tetep dina kasobaran.Amin.
Sumedang, 29 Juni 2008
Ti :
Ida Ali Dinar Arkan
Dadang Mulyana
Dian Fauziyyah
Hanifatunnisa
Ihsan Abdillah
Silmi Nurlaiali

Anonim mengatakan...

apa kabar